• Beberapa perilaku yang umum terjadi pada anak, seperti temper tantrum, hiperaktif, repetitif, pasif, hingga menentang.
  • Pada usia tertentu dan level tertentu, perilaku-perilaku tersebut masih dapat dianggap normal.
  • Bila telah melewati batas usia dan level normal, perilaku ini dapat menyebabkan gangguan mental-emosional, seperti kesulitan berbahasa ekspresif dan reseptif.
  • Gangguan proses sensorik yang bisa mengakibatkan problem kesulitan belajar, kurang percaya diri, cidera berulang, dan masalah berat badan.
  • Sebenarnya gangguan ini bisa dilihat dari gerakan atau respons anak ketika berada di lingkungan rumah, sekolah, hingga pergaulan sehari-hari.
  • Penting bagi orangtua untuk tidak pernah berhenti mengobservasi perilaku anak setiap harinya.
  • Perilaku dipengaruhi oleh banyak faktor, beberapa di antaranya adalah emosi,nilai/norma, dan genetika.
  • Perilaku inilah yang kemudian membentuk lima komponen proses belajar, yaitu konsentrasi, ketelitian, tempo kerja, percaya diri, dan kemandirian.
  • Bila buah hati mengalami kesulitan belajar karena gangguan perilaku, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, seperti penanganan ahli, pola asuh tepat, dan tentunya memiiih sekolah yang tepat.
WhatsApp us